Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Gemetar Dengan Mudah

Penyebab dan cara mengobati kucing gemetar – Apakah kucing Anda mengalami kejang? Apakah Anda khawatir tentang hal-hal buruk yang terjadi? Mari kita cari tahu apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya di bawah ini.

Ketika seseorang melihat tubuh kucing bergetar atau kejang, mereka pasti akan ketakutan dan kaget. Bulu kucing biasanya berdiri di sekujur tubuhnya. Dia bergerak dengan cara yang aneh dan tidak berhenti mencakar apapun yang ada di depan matanya. Selain itu, kondisi ini biasanya muncul dengan cepat dan tanpa tanda peringatan apapun.

Mengapa ini terjadi dan apakah ada cara untuk menghentikannya? Jika Anda memiliki kucing di rumah, lihat ulasan tentang kucing yang gemetar berikut ini. Informasi berikuti ini mungkin akan berguna di masa depan.

Penyebab Badan Kucing Gemetar

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada kucing ketika Anda melihat tubuhnya menggigil saat tidur? Apakah dia sakit atau dia hanya bermimpi? Ini bukan penyakit, tapi pertanda ada yang salah dengan sistem saraf atau otak kucing.

Ketika ini terjadi, otak kucing tiba-tiba berhenti bekerja karena impuls listrik yang aneh dan merangsang saraf sehingga tidak bisa mengendalikan tubuhnya. Oleh karena itu, kucing tersebut tidak berperilaku seperti biasanya. Mulai dari gerakan yang tidak bisa dihentikan, tersentak, terjatuh, mencakar, menggigit, dll.

Selain itu, masih banyak hal lain yang bisa menyebabkan kucing menggigil, seperti kejang, mimpi, atau kedinginan.

Badan Kucing Gemetar Akibat Kejang-Kejang

Secara umum, ada dua jenis kejang pada kucing: kejang parsial dan kejang umum. Jadi apa bedanya?

Ketika impuls abnormal menyerang hanya satu bagian otak, ini disebut kejang parsial. Untuk alasan ini, gejala tergantung pada bagian tubuh yang terkena. Kondisi ini paling sering menyerang kucing.

Misalnya perut kucing gemetar, kucing susah berdiri, kaki kucing berhenti bekerja beberapa saat, kepala kucing bergetar, dan wajah kucing kejang-kejang. Beberapa kucing juga bertindak agresif, seperti mengejar ekornya, menggigit, dan lain-lain.

Di sisi lain, kejang umum terjadi ketika impuls abnormal menyerang seluruh otak. Kejang kucing biasanya berlangsung antara satu dan tiga menit. Berikut beberapa tandanya:

  • Dia bahkan tidak menyadari bahwa mulutnya terbuka dan tertutup
  • Buang air besar atau kencing pada waktu yang tidak biasa
  • Jatuh karena mereka tidak bisa berhenti gemetar
  • Air liur tiba-tiba keluar

Cara Mengenali Kejang Pada Kucing

Kejang parsial lebih sulit diidentifikasi daripada kejang umum. Karena hanya mempengaruhi sebagian kecil atau bahkan hanya satu. Selain itu, gejalanya seringkali sama dengan yang mungkin dilakukan kucing lain.

Bagaimana Anda tahu jika kucing mengalami kejang? Dari buku Hill’s Pet, Anda harus tahu bahwa kucing selalu lebih haus dari biasanya, makan lebih sedikit dari biasanya, dan selalu terlihat lelah.

Jika kucing peliharaan Anda memiliki kondisi ini, Anda harus memperhatikan bagaimana perubahannya. Seperti tubuh kucing yang bergetar, berkedut, dan ada bagian yang tidak berfungsi seperti biasanya, antara lain. Setelah itu, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan jika hal ini terjadi.

Penyebab Kejang Pada Kucing

Lantas, apa yang menyebabkan kucing mengalami kejang? Sebenarnya, ada banyak alasan untuk ini, seperti:

  • Ada parasit yang disebut toksoplasmosis
  • Gula darah dan tekanan darah tinggi
  • Penyakit hati akibat keracunan
  • Onkologi dan ensefalitis
  • Penyakit ginjal
  • Aritmia

Memang benar bahwa kucing yang lebih tua lebih mungkin mengalami masalah ini. Namun kejang ini juga bisa terjadi pada kucing karena banyak hal di atas.

Cara Mengatasi Kejang Pada Kucing

Ketika Anda melihat kucing mengalami kejang, kemungkinan besar Anda tidak tega untuk membantunya, dan Anda mungkin merasa takut. Tetapi ketika ini terjadi, Anda harus tetap tenang dan memperhatikan kucing Anda. Anda dapat melakukan beberapa langkah, seperti:

  • Bungkus kucing dengan selimut atau handuk tebal agar tidak terbentur benda keras.
  • Jauhkan kucing dari hewan lain jika ia mengalami kejang.
  • Jangan menahan mulutnya, atau dia mungkin menggigit Anda secara tidak sengaja.
  • Hitung waktu shift. Sebagian besar waktu, ini membutuhkan waktu antara 1 dan 3 menit.
  • Jika shiftnya berlangsung lebih dari tiga menit. Anda bisa menekan perut, di bagian bawah kaki, atau di telinga.
  • Bawa dia ke dokter hewan segera jika dia tidak merasa lebih baik.
  • Jika dia mengalami dua kali kejang dalam satu hari, Anda juga harus segera membawanya ke dokter hewan agar dia bisa mendapatkan pertolongan.

Badan Kucing Gemetar Akibat Sedang Bermimpi

Ternyata hewan seperti kucing juga mengalami fase rapid eye movement (REM), atau bermimpi, seperti halnya manusia. Anda tahu bahwa saat kucing bermimpi, mereka biasanya bertindak dengan cara yang berbeda dari saat mereka bangun.

Misalnya, jika kucing tidur saat tidur, itu berarti bermimpi berkelahi atau mengejar mangsa. Sebaliknya, jika mereka mengangkat kepala, mimpi kucing adalah melihat sesuatu yang tidak ada.

Oleh karena itu, para peneliti percaya bahwa kucing juga bisa bermimpi, tetapi belum ada penelitian yang cukup untuk mengatakan apakah mimpinya sama dengan kita atau tidak.

Dingin Menyebabkan Tubuh Kucing Gemetar

Meskipun kucing pandai menjaga kehangatan tubuhnya, mereka tetap bisa merasa kedinginan. Masalah ini dapat menyebabkan tubuh kucing bergetar saat tidur. Kucing memiliki suhu tubuh sekitar 39 derajat Celcius, lebih tinggi dari kita.

Pada hari yang sangat dingin atau pada malam hari, kucing bisa masuk angin. Apalagi untuk kucing. Dalam hal ini, kemungkinan besar kucing akan mencari tempat yang hangat untuk tidur, seperti di sebelah Anda.

Jadi jika Anda melihatnya kedinginan, beri dia selimut, nyalakan pemanas, dan jauhkan dia dari hembusan angin yang bisa membuatnya merasa kedinginan.

Nah itulah tadi ulasan lengkap penyebab badan kucing gemetar, plus pertolongan pertama dan cara mengatasinya agar bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebagai tips tambahan, jika tubuh kucing bergetar, sebaiknya segera matikan televisi, lampu, dan sumber listrik lainnya di dekat kucing.